Senin, 17 Februari 2014

Kunjungan Camat Panongan ke TPST 3R Mitra Warga

Foto kiri ke kanan : Imam Sutopo, Sekcam, Camat, Kadus & Ketua RW-02
Camat Panongan, Ibu Prima Saras Puspa bersama Sekretaris Kecamatan melakukan kunjungan ke TPST 3R Mitra Warga - Perumahan Graha Mitra Citra Panongan pada hari Minggu, 26 Januari 2014 sekitar pukul 13.00 WIB. TPST Mitra Warga Panongan yang baru diserahterimakan dari Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Tangerang seminggu sebelum kunjungan Ibu Camat, tepatnya pada hari Senin, tanggal 20 Januari 2014 ini, sedang melakukan pembenahan disana-sini, karena masih banyak hal yang perlu diperbaiki dan dilengkapi. Pembenahan tersebut dilakukan sebelum dioperasionalkannya TPST pada tanggal 1 Februari 2014.
Proses Pengambilan Mesin Cacah di Workshop DKPP
Saat diserahterimakan, kondisi hanggar / workshop TPST beserta mesin komposting memang masih dalam keadaan yang standar dan sederhana sekali. Hanggar yang diterima masih belum terkoneksi dengan listrik secara sempurna sehingga masih ada beberapa titik yang tidak teraliri listrik, seperti lampu penerangan di area workshop yang masih belum menyala. Lalu saluran air pembuangan didalam area workshop yang tidak mengalir, atap yang bocor, jalan akses masuk ke workshop yang belum dilakukan pengerasan serta pompa air yang belum terpasang sama sekali. Selain itu, kapasitas mesin ayak kompos juga tidak sesuai dengan daya listrik yang terpasang sehingga saat dilakukan tes dan menyalakan mesin, listrikpun langsung drop.
Proses pemindahan Mesin Cacah  ke TPST
Mesin komposting yang diterima oleh KSM Mitra Warga berupa satu unit mesin cacah bertenaga diesel dengan sumber tenaga berasal dari Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar serta satu unit mesin ayak kompos bertenaga 1,5 HP dengan sumber tenaga listrik. Kedua mesin tersebut ternyata harus diambil sendiri oleh KSM Mitra Warga dari Workshop DKPP di daerah Legok Tangerang.
Di lokasi TPST juga hadir Imam Sutopo, selaku penggiat dan fasilitator sekaligus konsultan TPST. Beliau juga duduk sebagai Tim Kelompok Kerja Tangerang Sehat Kabupaten Tangerang dimana issue mengenai TPST menjadi salah satu concern dari Pokja tersebut.
Mesin Ayak Kompos
Dalam kunjungan tersebut, Camat Panongan berkesempatan untuk melihat-lihat kondisi TPST serta berdialog dan berdiskusi dengan Kepala Dusun VI Perumahan - Etik Sukarnaria, Ketua RW-02 GMC - Wahab Abduh serta Ketua KSM Mitra Warga - Ricky Gustiar, SH. Camat mengatakan bahwa dia sempat bertanya-tanya, di wilayah Kecamatan yang dipimpinnya ada proyek pembangunan TPST, namun belum mengetahui dengan pasti dimana lokasinya karena merupakan program pengajuan tahun 2013, yaitu dimasa Camat sebelumnya. Baru kali inilah dia mengetahui lokasi pasti TPST dimaksud dan berkesempatan mengunjunginya.
Ketua RW-02 memaparkan proyek TPST Mitra Warga mulai dari awal pengajuan proyek sampai proses penyerahan TPST kepada warga RW-02. Sementara Ketua KSM memaparkan kondisi TPST beserta kekurangannya baik dari segi infrastruktur TPST maupun akses jalan menuju TPST, serta melaporkan kesiapan TPST dalam melakukan trial operasional yang dijadwalkan tanggal 1 Februari 2014. Camat yang baru menjabat di wilayah Panongan sejak 4 bulan yang lalu itu pun akhirnya memberikan solusi serta siap membantu KSM Mitra Warga jika dikemudian hari menemui kendala baik secara infrastruktur maupun bantuan teknis lainnya.
Sekcam berdialog dengan Ketua RW-02
Dalam kesempatan itu, Imam Sutopo juga berkesempatan untuk mengajak diskusi Camat Panongan serta Ketua KSM Mitra Warga tentang kondisi ideal serta bagaimana agar TPST dapat berjalan dengan baik sehingga cita-cita Camat Panongan untuk menjadikan TPST Mitra Warga sebagai ikon Kecamatan dapat terwujud. Ditambah lagi dengan rencana Grand Launching TSPT yang direncanakan bertepatan dengan perayaan Ulang Tahun Kecamatan Panongan pada bulan April - Mei 2014 mendatang, dimana momment tersebut akan dimanfaatkan dengan menghadirkan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, untuk menyaksikan operasional dan hasil dari TPST Mitra Warga.

Ditulis oleh : Ricky Gustiar, SH. - Ketua KSM Mitra Warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar