Selasa, 01 April 2014

Operasional TPST di Hari Pertama



Petugas sampah sedang melakukan pemilahan

Saat pertama kali beroperasi, sangat terasa bahwa masih banyak hal yang perlu dilengkapi agar operasional TPST bisa berjalan sebagaimana mestinya. Adapun kekurangan tersebut adalah berupa peralatan pendukung serta infrastruktur yang harus diselaraskan dengan alur proses pengelolaan sampah.
Pelaksanaan pengelolaan sampah dimulai pukul 07.30 WIB dimana petugas mulai mengambil sampah dari masing-masing rumah warga di RW-02, dan selesai pengangkutan pukul 11.50 WIB dengan sampah yang masuk TPST sebanyak 3m3. Setelah jam istirahat, pukul 13.15 WIB dimulailah proses pemilahan sampah, sampai pukul 17.45 WIB. Pukul 19.50 sampai pukul 20.40 WIB  sampah dicacah dan disusun di segitiga aerasi. Lalu pekerjaan dilanjutkan dengan pembersihan area dan peralatan kerja dan berakhir pukul 21.10 WIB. 
Proses pencacahan sampah organik
Proses pembersihan area TPST dan perlengkapan kerja, dilakukan petugas dengan penuh tanggungjawab karena jika tidak dijaga maka akan mempengaruhi proses pengelolaan sampah itu sendiri dimana akan mengundang lalat sehingga proses komposting dapat terganggu.
Dari kegiatan operasional tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa proses pemilahan membutuhkan waktu yang cukup panjang sehingga dengan jumlah volume sampah 2-3 m3 perhari sementara jam kerja petugas adalah pukul 07.30 – 15.30 WIB maka proses pengelolaan sampah tidak akan sesuai dengan target. Untuk itu perlu dicari solusi kedepannya agar pelaksanaan operasional TPST dapat berjalan sesuai harapan.

Ditulis oleh : Ricky Gustiar, SH. - Ketua KSM Mitra Warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar