Petugas sampah sedang melakukan pemilahan |
Saat pertama kali
beroperasi, sangat terasa bahwa masih banyak hal yang perlu dilengkapi agar
operasional TPST bisa berjalan sebagaimana mestinya. Adapun kekurangan tersebut
adalah berupa peralatan pendukung serta infrastruktur yang harus diselaraskan
dengan alur proses pengelolaan sampah.
Pelaksanaan pengelolaan sampah dimulai pukul 07.30
WIB dimana petugas mulai mengambil sampah dari masing-masing rumah warga di
RW-02, dan selesai pengangkutan pukul 11.50 WIB dengan sampah yang masuk TPST
sebanyak 3m3. Setelah jam istirahat, pukul 13.15 WIB dimulailah
proses pemilahan sampah, sampai pukul 17.45 WIB. Pukul 19.50
sampai pukul 20.40 WIB sampah dicacah dan disusun di segitiga aerasi. Lalu pekerjaan
dilanjutkan dengan pembersihan area dan peralatan kerja dan berakhir pukul 21.10
WIB.
Proses pencacahan sampah organik |
Proses pembersihan area TPST dan perlengkapan
kerja, dilakukan petugas dengan penuh tanggungjawab karena jika tidak dijaga
maka akan mempengaruhi proses pengelolaan sampah itu sendiri dimana akan
mengundang lalat sehingga proses komposting dapat terganggu.
Dari kegiatan operasional tersebut dapat diambil
kesimpulan bahwa proses pemilahan membutuhkan waktu yang cukup panjang sehingga
dengan jumlah volume sampah 2-3 m3 perhari sementara jam kerja
petugas adalah pukul 07.30 – 15.30 WIB maka proses pengelolaan sampah tidak
akan sesuai dengan target. Untuk itu perlu dicari solusi kedepannya agar pelaksanaan operasional TPST dapat berjalan sesuai harapan.
Ditulis oleh : Ricky Gustiar, SH. - Ketua KSM Mitra Warga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar